Global Variables

Sabtu, 10 Maret 2012

TAU NGGAK GIMANA PENTINGNYA BLOG???


Semua orang tentu sudah mengaenal blog kan? Secara sederhana blog dapat diartikan sebagai sebuah catatan harian online dimana kita bisa berbagi cerita, pengetahuan sampai kepada pengalaman sehari-hari kita. Salah satu ciri khas sebuah blog adalah dimana artikel atau tulisan terbaru selalu berada di paling depan, disamping juga di sebuah blog selalu ada yang namanya arsip yang berisi artikel atau tulisan yang sudah ditulis sebelumnya, tersusun rapi berdasarkan hari, tanggal dan tahun.Blog juga bisa kita tata sedemikian rupa sesuai dengan keinginan kita.
Selain berperan sebagai media untuk berbagi, Blog juga memiliki berbagai manfaat dan peranan penting yang sangat berguna dalam kehidupan kita. Salah satu manfaat terpenting dari sebuah blog adalah kita bisa sharing atau berbagi informasi dengan orang lain tentang hal-hal yang dianggap penting dan berguna. Karena itulah dalam perkembangan selanjutnya Blog tidak hanya berisi cerita pengalaman pribadi saja, tapi juga berkembang menjadi sebuah media informasi interaktif dan uptodate tentang perkembangan di berbagai bidang, mulai dari tentang gadget, teknologi sampai kepada gaya hidup.
Adapun peranan blog dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:
1.    Media Informasi
Blog sebagai sarana untuk sharing, sekaligus bisa sebagai wadah informasi. Terkadang kita hanya ingin berbagi apa yang kita ketahui, berbagi kebaikan, berbagi ilmu atau berbagi pengetahuan. Jika yang kita ingin share kepada orang lain bisa di fasilitasi dengan text, graphic, video, audio, presentasi, dll. Blog bisa memfasilitasi hasrat berbagi yang kita miliki.

2.    Media Aktualisasi Diri
Salah satu kebutuhan manusia adalah kita ingin kehadiran kita di akui, untuk di perhatikan, serta untuk menunjukan siapa diri kita. Apa yang kita pikirkan, apa yang menjadi perhatian kita, apa yang menarik untuk kita, apa yang kita senangi, apa yang kita benci, seperti apa pemikiran kita dan apa yang kita inginkan. Dan blog mampu memfasilitasi hal tersebut, dalam skala jangkauan yang mendunia. Dengan Blog, kini kita dapat mengaktualisasikan diri dalam berbagai media (text, image, graphic, video, audio, slide presentasi, dll) yang bisa diakses oleh semua orang di penjuru dunia yang terhubung ke jaringan internet.

3.    Markas Besar Di Dunia Maya
Begitu banyak tempat bersosialisasi di dunia maya dan sulit untuk memberi tahukan semuanya kepada orang sekaligus. Kita bisa menjadikan Blog sebagai markas besar pusat seluruh aktifitas anda di dunia maya: CV, Online portofolio, link, badge atau widget menuju situs-situs social network seperti Facebook, Twitter, Plurk, Digg, LintasBerita, LinkedIn, dll.

4.    Media Promosi
Blog ditempatkan di jaringan internet. Dengan strategi yang tepat kita bisa mendatangkan para pengguna internet ke Blog kita dan membuatnya membaca apa yang kita promosikan.

5.    Mendapatkan Relasi Baru
Sudah menjadi bawaannya bahwa manusia selalu mencari manusia lain yang memiliki ketertarikan sama, begitu juga kita. Buatlah Blog tentang topik yang kita minati, dan pengunjung yang memiliki topik dan ketertarikan yang sama dengan kita pun akan mendatangi blog kita. Mereka bisa mengomentari post di blog kita dan bisa membalasnya. Terjadi conversation disana, dan membuka peluang untuk terjadinya hubungan.
Tips: Buatlah tulisan yang bermanfaat (lebih baik jika menginspirasi) dan letakkan link facebook/twitter profile anda. Orang akan berduyun-duyun meng-add anda di facebook/twitter.

6.    Mendapatkan Penghasilan
Sudah banyak yang tahu kan? Banyak dari blogger yang mendapatkan penghasilan yang lumayan besar hanya dengan mengelola blognya. Mereka secara professional mengelola blog sebagai salah satu mata pencaharian mereka.

7.    Stress Release, Emotion Release
Terkadang kita hanya ingin melampiaskan apa yang kita rasakan. Terkadang kejenuhan dan terkadang kebahagiaan. Lebih mengasyikan lagi jika ada yang merespons apa yang kita rasakan kan? Blog memfasilitasi hal tersebut. Tapi selalu ingat untuk tidak berlebihan. Jangan sampai terjadi sesuatu yang tidak diinginkan karena kita terlalu berlebihan dalam mengekspresikan diri.

8.    Jurnal Catatan Kehidupan
Kita bisa mencatat semua yang kita rasakan dan mempublikasikannya di Blog. Suatu hari di kehidupan kita kelak, baca kembali apa yang sudah ditulis. Kebanyakan orang tertawa ketika membaca apa yang mereka tulis dahulu.

9.    Membangun Pribadi yang Lebih Baik
Mayoritas blog memiliki fitur komentar di setiap artikelnya. Hal ini memfasilitasi orang untuk memberi respons terhadap apa yang anda tulis. Pendapat orang lain merupakan salah hal yang berharga dalam hidup kita karna komentar-komentar tersebut dapat membangun kita menjadi pribadi yang lebih baik.

10.  Blog Sebagai Sekolah Online
Menuntut ilmu ternyata tidak hanya di sekolah formal, di internet pun kita bisa menambah wawasan serta saling bertukar ilmu dan pengalaman.

11.  Meningkatkan Harga Diri Bangsa
Banyak para Blogger senior yang berhasil mengangkat harga diri Bangsa dengan menulis suatu ide, gagasan maupun penemuan baru. Dan tentunya tulisan yang bersifat positif akan dapat mengangkat nama baik Bangsa di Dunia Internet. Kita juga bisa lakukan itu.
Jadi, sudah tau kan, pentingnya blog?

2 komentar:

  1. Intinya ngeblog itu harus didasari dengan niat dan tujuan yang benar

    BalasHapus
  2. Artikelnya bagus, unik, dan menarik.. Ya.. Kegiatan ngeblog ini bisa menghasilkan sesuatu sesuai itikad dari blogger itu sendiri. Semakin baik niatnya semakin hebat juga hasilnya.. Seperti blog http://www.pemasaranjaringan.com yang saya kelola guna membantu teman2 dalam menemukan peluang kerja online. Salam kenal
    Thanks

    BalasHapus